Wednesday 2 December 2015

Ciri Ciri Sistem Pemerintah Presidensial

CIRI CIRI SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIAL - Pada kesempatan sebelumnya telah kita bahas bersama tentang sistem pemerintahan presidensial, yang mana pada artikel tersebut sudah saya jelaskan tentang pengertian atau definisi dari sistem pemerintahan presidensial. Sistem presidensial adalah salah satu sistem pemerintahan yang mana presiden bertindak sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Salah satu negara yang menggunakan sistem pemerintahan presidensial ini adalah negara kita, yaitu Indonesia. Walaupun sebenarnya Indonesia pernah berganti-ganti sistem pemerintahan, Indonesia pernah menggunakan sistem pemerintahan parlementer pada tahun 1950 yang mana pada saat itu UUD kita adalah UUD S 1950, yang menyatakan bahwa sistem pemerintahan negara kita pada saat itu adalah sistem parlementer.

Baru kemudian pada tahun 1959 tepatnya pada tanggal 5 juli, presiden mengeluarkan dekrit presiden. Yang salah satu isinya adalah memberlakukan UUD 1945 dan tidak berlakunya UUD S 1950. Mulai saat itu negara kita mulai menggunakan sistem pemerintahan presidensial. 

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan share tentang ciri ciri sistem pemerintahan presidensial, dan berikut ini adalah ciri ciri sistem pemerintahan presidensial.

1. Presiden sebagai kepala negara sekaligus sebagai kepala pemerintahan
Ciri sistem pemerintahan presidensial yang pertama adalah presiden sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara, berbeda dengan sistem pemerintahan parlementer. Yang bertindak sebagai kepala negara adalah raja, sedangkan yang sebagai kepala pemerintahan adalah perdana menteri.

2. Presiden tidak bisa membubarkan parlemen
Pada sistem pemerintaha parlementer, seorang raja sebagai kepala negara dapat membubarkan parlemen atas dasar aduan dari perdana menteri dan menteri menteri. Tetapi berbeda jika pada sistem pemerintahan presidensial, yaitu presiden tidak dapat membubarkan parlemen.

3. Presiden dibantu oleh perdana menteri dan menteri menteri
4. Perdana menteri dan para menteri bertanggung jawab kepada presiden.
5. Presiden dipilih oleh rakyat

1 comment:

  1. sebenere secara sederhana, yang membedakan antara sistem pemerintahan parlementer dengan sistem pemerintahan presidensial itu apa sih kak ? agak bingung saya nih . heheh. mohon di maklumi :D

    ReplyDelete

Ciri Ciri Sistem Pemerintah Presidensial

CIRI CIRI SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIAL - Pada kesempatan sebelumnya telah kita bahas bersama tentang sistem pemerintahan presidensial...